Jumat, 30 September 2016

Tipe ikan hias yang cantik menghiasi Akuarium

Buat kamu pecinta ketenangan yang mau punya hewan peliharaan tapi nggak berisik dan nggak mengotori seisi rumah, maka ikan hias air tawar bisa jadi alternatif. Jenis ikan ini punya warna yang indah dan bentuk yang lucu, jadi selain sebagai peliharaan  bisa juga dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah.
Selain itu, banyak manfaat lho memelihara ikan hias. Menurut penelitian, memelihara ikan hias bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Karena pemandangan gerak – gerik ikan yang indah di dalam akuarium sering kali menenangkan pikiran dan jadi obat stress. Jadi nggak heran, kalau memelihara ikan hias dirumah mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menjernihkan pikiran, menetralkan perasaan, memberi inspirasi dan ide, juga baik untuk penderita Alzheimer.
Ada banyak jenis ikan hias air tawar di dunia. Mulai dari bentuknya yang unik sampai warnanya yang mempesona. Artikel berikut ini akan membahas beberapa jenis ikan hias air tawar yang popular dan banyak diminati orang, baik warnanya yang cantik maupun bentuknya yang indah.

Jenis ikan hias air tawar yang dapat kalian budidaya atau pelihara dirumah

Cupang

Ikan cupang atau sering disebut Betta, memiliki warna tubuh yang menarik, bentuk siripnya indah, gerakannya tenang dan berwibawa. Biasanya ikan betina lebih kecil ukurannya dibandingkan ikan jantan. Ikan ini adalah yang paling sering kita jumpai di pasar tradisional, mengingat jenis ini mudah di pelihara karena dapat bertahan hidup dengan kadar oksigen yang sedikit. Disebut juga ikan laga, ikan aduan atau ikan petarung karena sering dibuat aduan. Ikan ini memiliki sifat agresif dan suka menyerang.
Mas Koki / Goldfish
Ikan ini berasal dari cina yang dipopulerkan di jepang, termasuk jenis yang mudah di pelihara, di budidayakan dan murah. Ikan mas koki mungkin familiar di kuping kalian, karena ikan ini banyak dijadikan ikan has di indonesia, Awalnya bentuk ikan maskoki sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat. Bedanya ikan maskoki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya, Ikan mas koki adalah ikan exclusive, maksudnya ikan ini jangan dipelihara dengan ikan lain karena ikan mas koki membutuhkan banyak oksigen untuk hidup.

Louhan

Ikan ini adalah jenis Hybrid atau ikan hasil persilangan dari jenis cichlid buatan manusia. Bentuk ikan ini jelas dari jenong di kepalanya, maka ikan ini juga di kenal sebagai “jenong kelam”. Banyak orang mengatakan semakin besar jenongnya semakin unik warna tubuh mereka maka semakin mahal harga ikan ini.  Selain itu, warna sisisknya yang cantik juga terlihat hidup. Sebagai ikan penguasa perairan mereka memang lebih agresif daripada ikan lain, mereka biasa memakan ikan lain. Beberapa jenis ikan louhan asli biasanya hidup di wiliayah Asia Tenggara terutama di Negara Malaysia dan Taiwan.

Gurame Padang

Tidak seperti ikan gurame yang biasa dikonsumsi oleh manusia, gurame satu ini memang tujuan untuk di pelihara untuk dijadikan ikan hias. Sepintas bentuk gurame ini terlihat seperti ikan gurame lain yang membedakan adalah warna ikan ini yang putih, kepala lancip seperti ikan sepat dan ekor yang lebar. Tapi saat dewasa, warnanya berubah menjadi kuning pucat dan yang membuatnya sangat unik adalah ketika mereka dewasa jidat dan dagu mereka akan menonjol.
Arwana
Di Indonesia sendiri ikan ini juga di kenal dengan nama ikan naga. Di juluki ikan naga karena punya 2 sungut di bawah bibirnya yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi mangsanya, itu sebabnya ikan ini bersifat predator. Ikan Arwana berhabitat di perairan Kalimantan dan papua.  Ikan arwana adalah ikan yang termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi di seluruh dunia. Banyak orang membudiyakan ikan arwana karena harga jual ikan ini yang sangat tinggi, ikan ini bisa dijadikan pilihan kalian jika kalian ingin berbisnis ikan hias.

Manfish

Manfish atau yang dikenal juga dengan istilah ‘Angel fish’ berasal dari perairan Amazon. Manfish (Pterophyllum scalare) tergolong ke dalam famili Cichlid, mempunyai bentuk tubuh yang pipih. Memiliki warna dan jenis yang bervariasi, sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor sehingga tampak seperti busur panah, dan pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yang panjangnya menjuntai sampai ke bagian ekor. Suhu air yang ideal untuk ikan ini berkisar 24 – 30 oC. Ukuran ikan Manfish bisa mencapai panjang 7,5 c

Black Ghost / Black Phantom
Ikan Black Ghost ini memiliki nama Latin Apterontus albifronsyang berasal dari Sungai Amazon dan Surinam. Dikenal dengan banyak sebutan, Kenapa dinamakan black ghost pertama karena memang sepintas ikan ini terlihat seperti hantu hitam, terlebih lagi bentuk mereka yang bergelamir membuat nama itu cocok untuk ikan ini. Ada juga sebutan “Ikan Penari Balet” karena gerakannya yang maju mundur dan jungkir balik dengan amat lenturnya. Ini dimungkinkan oleh bentuk tubuh ikan ini yang lentur dan menggelambir, sehingga memungkinnya melakukan manuver yang tidak dapat di lakukan ikan lain.
Pemberian Pakan untuk Ikan Black Ghost diberikan 2x sehari, yaitu Pagi dan Sore. Pakannya juga tidak terlalu sulit, Jentik nyamuk, Pelet, dan cacing kering bisa dimakan oleh Ikan Black Ghost ini. Untuk Aksesoris akuariumnya carilah warna yang gelap seperti warna hitam, contohnya akar bakau, atau batu-batuan yang berwarna hitam. Silahkan di Klik untuk melihat lebih jauh jenis" yang cocok dari Hobi atau Selera anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar