Rabu, 19 Oktober 2016

Ada beberapa Cara Untuk Beternak Ikan Baung

Master303 ikan - Di indonesia para penternak ikan baung pada umumnya sudah mengenal tata cara beternak ikan baung di air yang tenang, Tapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam usaha pembenihan maupun pembesaran ikan baung di air yang tenang. Adapun hal - hal yang akan kita perhatikan ialah : 

1. Kita Perlu Menentukan Lokasi
Lahan atau lokasi untuk pembuatan kolam untuk beternak ikan baung pada kolam air tenang tidak berbeda jauh dengan beternak ikan jenis lainnya. Tanah yang baik untuk kolam adalah tanah yang mempunyai struktur yang kuat, bisa menahan air, subur, tidak berbatu - batu dan sumber air tidak bakal atau tidak mudah kering pada saat musim kemarau atau bebas dari pencemaran limbah dan bahan-bahan beracun. Sifat fisika air, seperti suhu air sebaiknya berkisar antara 26 - 30 C, pH berkisar sekitar antara 4 - 9 ppm, kandungan oksigen terlarut minimal 1 mg / liter dan optimal adalah 5 - 6 ppm, dan kandungan NH3 kurang dari 1,5 ppm.

2. Struktur Kolam
Model kolam ada baiknya empat persegi panjang, bentuk pematang trapesium dengan kemiringan 1 : 1, dan bagian atas kolam di tanami tumbuhan air untuk menghindari erosi. tinggi kolam sekitar 1,2 -1,8 meter yang dapat kita gunakan tanah atau tembok.

3. Persiapan kolam
Sebelum kita mengunakan kolam tersebut untuk pembesaran ikan, Kolam sebaiknya di keringkan terlebih dahulu dan kemudian diberi kapur CaCO3 dengan dosis 180 - 370 kg per tahun untuk memusnahkan pemangsa dan hewan lain nya yang membahayakan ikan dan untuk mengurangi keasaman tanah dan air kolam. Tinggi air pemeliharaan minimal 0.45 m dan keluar masuk air sekitar 10 -15 liter per detik. sebelum air di masukkan kedalam kolam, pintu masuk air diberi saringan untuk menghindari hama dan kotoran yang akan masuk ke dalam kolam ternak.

4. Pemasukan Benih
Pemasukan benih dilakukan setelah air dibiarkan selama kurang lebih 2 minggu mengenang di dalam kolam ternak dengan kedalaman air  sekitar 50 - 80 Cm. Benih yang ditebar berukuran 2 - 3 gram dengan benih 80-100 ekor.

5. Pakan
Pemberian pakan ikan baung sama halnya dengan pemberian pakan pada jenis ikan lainnya dengan takaran 2 satu hari pada pagi dan sore hari dengan kandungan nutrisi protein 30% lemak, 25% karbohidrat 10 - 25% pakan yang di berikan adalah pelet ikan 781 - 2 SP. dan juga bisa di beri pakan tambahan seperti sayuran dan ampas tahu.

6. Perawatan
Kadang terjadi penguapan air kolam maka kita perlu melakukan penambahan air setiap 3 hari sekali karena kolam ikan air tenang kita harus menjaga sirkulasi air dengan cara menambah dan mengurangi air kolam tersebut dan lebih bagus lagi jika kita tambahkan kincir angin didalam kolam tersebut.

7. Pengendalian Hama dan Virus
Hama atau virus merupakan salah satu faktor penghalang berhasilnya dalam beternak ikan termasuk ikan baung maka dari itu kita harus rajin memeriksa kolam setiap hari dari hama dan mungkin virus yang ada di sekitar kolam kita dan jangan lupa berikan vitamin  2 hari sekali yang di campurkan pada pakan ikan.

Demikianlah beberapa Cara beternak ikan yang bisa kami berikan dan kami Juga Memberikan Saran Untuk Master Agen Bola Terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar