Jumat, 14 Oktober 2016

Tata Cara Beternak Ikan Nila

Master303 beternak ikan - Ikan nila merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar dan paling sering di ternak oleh masyarakat indonesia, karena semakin banyak nya permintaan di kalangan masyarakat. Memelihara ikan nila tidak la susah karena kita dapat memelihara nya di rumah maupun di lahan yang luas.


Karena begitu banyaknya peluang yang di dapatkan dari beternak ikan nila, mari kita bahas bagaimana cara beternak ikan nila yang sukses dan cepat di panen dalam waktu yang singkat ( 3 Bulan). 

* Kemampuan beternak Ikan Nila
 - memiliki daya tahan yang sangat tinggi dengan perubahan lingkungan
 - mempunyai penyesuaian tinggi terhadap lingkungan yang baru
 - ikan nila bersifat omnivora dan pertumbuhan yang sangat cepat
 - mempunyai daya tahan tubuh yang kuat dan kebal terhadap virus

* keunggulan beternak ikan nila
 - Perkembangbiakan nya cepat
 - gampang di ternak
 - dapat di ternak di berbagai jenis kolam
 - kaya gizi dan vitamin

Cara Beternak Ikan Nila

1. Tempat Pemeliharaan

Tempat beternak ikan nila atau sering di sebut dengan kolam atau tambak, Biasanya jenis kolam yang bagus adalah kolam bekas sawah, tambak atau kolam bisa di buat dengan semen maupun terpal karena biaya nya tidak banyak dan menghemat waktu.

2. Pembuatan Kolam

Untuk ukuran kolam yang idealnya adalah dengan lebar 2 x 3, dengan tinggi 2 m dalam kolam ukuran ini anda bisa beternak ikan nila kurang lebih 10.000 ekor ikan nila.

Sebelum kita beternak ikan nila ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan persiapkan terlebih dahulu sebagai berikut :
- kolam yang belum diisi air terlebih dahulu di beri pupuk kandang atau ampas tahu
- masukkan daun atau sayur kopekan dan biarkan membusuk
- tambahkan kapur dan garam kasar pada seluruh permukaan kolam
- setelah 4 hari isi dengan air setinggi 1m
- setelah di isi dengan air biarkan selama 10 hari, selanjut nya baru masukan bibit ikan nila ke dalam kolam tersebut.

hal ini di lakukan untuk membuat kolam ada nya cacing maupun jentik nyamuk yang dapat di jadikan pakan oleh ikan-ikan nila yang masih kecil maupun untuk membantu zat tanah kembali agar ikan cepat besar.

3. Pemilihan Bibit Ikan Nila

Pemilihan ini di lakukan secara detail dan juga penuh dengan kejelian agar tidak ada kekeliruan dalam membeli bibit.

Sebaiknya bibit Ikan nila anda beli saja di temapt pembenihan supaya tidak ribet dalam pembenihan, dan pastikan bibit tersebut berkualitas dan sehat serta tidak terserang penyakit.

4. Perawatan Ikan Nila

Tahap berikutnya perawatan ikan nila ini di lakukan secara intensif dengan cara sebagai berikut :
- Pemberian pakan hanya 2 kali dalam 1 hari, yaitu pagi hari dan sore hari
- Campurkan Vitamin di pakan agar pertumbuhan normal
- selalu untuk menjaga kebersihan kolam dan sekitar kolam
- selalu menjaga kestabilan air dan menganti nya atau sebaika nya air selalu mengalir agar ikan tidak mudah terkena penyakit

5. Penyakit Pada Ikan Nila dan Cara Penanganannya
- Ikan Nila Stres
Akibat nya dengan air yang tidak pernah di ganti dapat membuat ikan menjadi stres dan cara menangannya biarkan air selalu mengalir.

- Kurang Nafsu Makan
Hal ini  di sebabkan karena kurang nya pemberian Vitamin pada ikan dan dapat menyebakan ikan kurang nafsu makan dan cara menangannya berikan HARMONIK dan POC NASA.

- Terserang Penyakit
Ini di karenakan terlalu banyak Zat asam yang berlebihan pada air yang menyebabkan ikan-ikan terserang penyakit cara menangannya pindahkan ikan yang terserang penyakit di kolam tertentu.

6. Pasca Panen

Pada Umumnya, Ikan nila di panen sekitar 3 atau 4 bulan sekali tergantung perawatan dalam beternak, serta ikan yang pantas di pilih sesuai dengan keinginan kita. jika pertumbuhan ikan lambat jangan di panen dan jika perlu di pisahkan di kolam lainnya.

Demikianlah beberapa Cara beternak ikan yang bisa kami berikan dan kami Juga Memberikan Saran Untuk Master Agen Bola Terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar