Rabu, 26 Oktober 2016

Beternak Ikan Belanak

Beternak Ikan Belanak - Sebelum nya kita harus mengenal ikan belanak, Ikan belanak adalah ikan yang biasa di sebut gones dan ada beberapa jenis yaitu Mugil Cephalus, Mugil Labiosus dan Liza Oligolepsis. Pada dasarnya ikan belanak adalah ikan-ikan yang hidup di daerah pantai maupun muara sungai yang sering masuk kedalam tambak. Ikan belanak mempunyai kepala yang gepeng dan warnanya keperak perakan. Giginya sangat kecil atau tidak ada sama sekali, matanya diliputi oleh 2 selaput bening yang lurus.


Ikan belanak selalu berenang di pinggiran pantai, muara sungai dan masuk ke hutan-hutan mangrove dan ikan belanak hidup secara berkelompok atau sekitar 20-30 ekor, Ikan belanak pada umumnya bisa mencapai ukuran 50cm tp ukuran yang biasa kita temukan sekitar 20-30 cm. Ikan belanak mempunyai banyak persamaan dengan ikan Bandeng maupun dalam hal makanan yang terdiri dari alga halus, lumpur dan terkadang udang maupun hewan-hewan lainya masuk ke mulut nya.

Beternak Ikan Belanak di Tambak

Beternak ikan belanak di tambak tidak ada bedanya dengan beternak ikan bandeng karena ikan belanak di ternak untuk ikan konsumsi langsung, Ukuran Ikan belanak 300-500 ekor. bibit belanak berukuran 0.5-1.0 per ekor dapat di tebar sekitar 15.000 ribu ekor/ha. padat penebaran pada kolam / tambak tradisional adalah sekitar 8.000 ekor /ha. ikan belanak dapat kita pelihara bersama dengan ikan bandeng maupun dengan udang, rumput laut dan kepiting bakau di dalam tambak. pertumbuhan ikan belanak sekitar 6-7 bulan untuk bisa mencapai ukuran 300-500 cm.

Pemeliharaan Belanak Di Hampang

Berat awal benih belanak yang ditebar pada hampang ditentukan oleh ukuran celah jaring / kawat anyam bahan Hampang dan untuk padat penebaran bibit di tentukan oleh tingkat kesuburan tanah dan sistem pengelolaan. maka dari itu padat penebaran ikan belanak di tentukan oleh tingkat bersih dapat di tebar sekitar 45 ekor /m2.


jika ukuran hampang lebih kecil maka pengelolan gampang di lakukan. Belanak di hampang diberi pelet atau pakan buatan yang mengandung protein minimal 20% dengan ransum5-10% dari berat ikan perhari. hampang berada di perairan dangkal dan keadaan air dalam kondisi tenang dan pemberian pakan cukup 1 hari 2 kali.

Demikianlah beberapa Cara beternak ikan yang bisa kami berikan dan kami Juga Memberikan Saran Untuk Master Agen Bola Terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar