Jumat, 07 Oktober 2016

Memilih Umpan Mancing Ikan Mas di Alam Liar

Kali ini kita akan membahas bagaimana  cara memancing ikan mas di alam liar dan umpan apa yang akan kita gunakan. Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak di gemari oleh semua kalangan masyarakat. Selain rasa nya yang gurih dan lezat, ikan mas juga di percaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit dengan resep dan cara yang berbeda.
Sebelum kita akan memulai memancing ikan mas di alam liar, akan lebih bagus jika kita mengetahui terlebih dahulu perilaku kehidupan  ikan mas di alam liar. Hal ini untuk menentukan umpan jenis apa dan teknik apa supaya memudahkan kita mancing ikan mas ini. Di indonesia terdapat 10 jenis spesies ikan mas, Semua berasal dari hasil persilangan antar jenis.

Kebiasaan hidup Ikan mas liar
Ikan mas di alam liar biasanya hidup secara berkelompok. Kemanapun pun ikan mas akan pergi maka maka mereka akan pergi secara berkelompok. ikan mas juga menyukai perairan yang lebih tenang, jernih, dan dangkal.

Ikan mas berkembang biak dengan cara bertelur yang telah di buahi oleh induk jantan, Dan biasanya akan memijah di malam hari. ikan mas pada umum nya lebih menyukai perairan yang tenang, rimbun dan lebih sedikit gelap karena di daerah ikan mas mampu bertelur dengan sempurna..

Jenis Umpan dari hewan
Ikan mas termasuk salah satu jenis hewan omnivora yang memakan segala bentuk pakan,baik tumbuhan, hewan kecil, keong dan lain-lain. jika melihat gaya hidup ikan mas yang mau memakan segala jenis pakan, maka untuk teknik memancing ikan mas tidak terlalu susah. untuk memancing ikan mas di segala tempat kita bisa mengunakan cacing.
Cacing menempati urutan pertama yang paling bagus untuk mancing ikan mas di segala tempat, baik di sungai, rawa, tambak dan kolam. menurut survei memancing mengunakan cacing adalah yang paling bagus selama ini. Pastikan jika menggunakan cacing,Cacing tersebut dalam keadaan segar dan masih hidup.tata cara memasukan dalam kail juga perlu di ketahui,yaitu cacing jangan di potong (per ekor), Karena gerakan-gerakan cacing ini mampu untuk memancing ikan mas dan ikan jenis lain nya  datang menyambar.

Beberapa resep umpan ikan mas seperti berikut.
* RESEP PERTAMA
- Putih telur ayam 4 butir
- Dancow sachet 1
- Keju craft ukuran korek api 1
- Kara segi tiga 1
- Kroto 1 ons (rendam air panas)
- Deho 1
- Telur penyu kering sebagai pengeras


Cara membuat :
campurkan semua bahan di atas (kecuali Kroto,deho telur penyu) dan blender hingga halus. masukan ke dalam plastik ukuran 1/2 kg kemudian kukus selama kurang lebih 15 menit,setelah itu campurkan telur penyu kering. Untuk kroto dan deho campur ketika mau di gunakan.


* RESEP KEDUA
    100 ml air panas
    1 ½ pak biskuit crispy crackers yang diblender
    2 bungkus mie instant diblender halus
    1/4 kg kacang tanah yang telah disangrai dan diblender halus
    1/3 daging ikan tongkol / tenggiri
    1 telur bebek matang, kuningnya saja yang diambil
    50 gr telur semut rangrang (kroto), pilih yang putih saja warnanya

Cara membuat:
Campur ikan tongkol / tenggiri dengan kuning telur bebek, kemudian giling sampai halus campurkan kacang tanah, mie instant, crispy crackers sampai menjadi satu. Kemudian ambil 5 sendok makan dan campurkan juga ke dalam campuran ikan dan kuning telur tadi, kemudian aduk sampai rata. tambah air panas ke dalam campuran tadi sedikit demi sedikit hingga campuran tadi menjadi lebih kental, kalis, dan sedikit berminyak. Tambahkan kroto, kemudian aduk lagi secara perlahan agar kroto tidak pecah. Umpan siap untuk digunakan

Di atas adalah beberap resep dari saya semoga bermanfaat buat teman-teman ya dan selamat mencoba, semoga beruntung.

Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Klik Disini





2 komentar:

  1. nice information
    http://essenaquatic.xyz/umpan-ikan-mas-galatama/

    BalasHapus
  2. Thanks infonya. Jangan lupa kunjungi http://bit.ly/2o9Kvb9

    BalasHapus