Minggu, 16 Oktober 2016

Cara Beternak Ikan Cupang

Master303 beternak ikan - Sebelum kita membahas tata cara beternak ikan cupang kita juga harus mengatahui jenis-jenis ikan cupang ada 7 yaitu

1. Halfmoon
Ikan cupang jenis ini sirip dan ekor nya membentuk setengah lingkaran, Mirip dengan bulan setengah atau halfmoon.

2. Plakat
Ikan cupang ini memiliki bentuk yang cenderung pendek dan terlihat buntek. ikan cupang yang satu ini biasa nya dibuat untuk di adu sehingga banyak yang menyebut nya jenis ikan laga. jika di satukan dalam sebuah botol atau wadah jenis ikan cupang plakat ini akan bertarung, Sehingga banyak teman-teman kita yang mengembangbiakan jenis ikan cupang ini supaya menjadi kuat, agresif, dan garang.

3. Cupang Alam
Jenis ikan cupang ini adalah jenis asli dari  alam yang belum ada di lakukan penyilangan ataupun rekayasa genetik. Ikan cupang ini banyak di temui di rawa, sawah atau sungai. kebanyakan jenis ikan cupang yang kita kenal berasal adri jenis ikan cupang alam ini.

4. Double Tail Betta
Ikan cupang yang satu ini mirip dengan ikan cupang Halfmoon, Ikan cupang yang satu ini memiliki ekor membentuk setengah lingkaran yang menyatu dengan sirip.

5. Veiltail
Dahulu jenis ikan cupang ini sangat populer karena mudah di dapatkan, Namun dengan banyak nya jenis ikan cupang yang baru maka ikan cupang Veiltail mulai meredup dan sudah mulai kurang populer di kalangan penghobi ikan cupang.

6. Crowntail
Ikan Crowntail ini lebih dikenal dengan nama serit, Ikan ini di kembangbiakan oleh abang kita asal jakarta. Crowntail memiliki ekor seperti mahkota jika ekor tersebut dibalikan ke atas.

7. Giant Betta
Giant betta merupakan jenis ikan cupang yang memiliki tubuh besar atau raksasa. Tumbuh hingga 12-15 cm, membuat jenis ikan cupang ini kurang agresif dalam berenang.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam beternak ikan cupang, Agar kita bisa mendapatkan ikan cupang yang kita inginkan. Ikan cupang yang berkualitas terdapat beberapa ciri ciri yang khas dan bisa kita lihat dengan jelas. 

Ciri-ciri ikan cupang yang berkualitas yaitu :
- Ikan cupang yang berkualitas yang pertama ialah memiliki bentuk ekor yang lebar dan tebal.
- jangan pilih ekor yang tipis karena gampang terserang penyakit.
- sirit ekor nya harus sama
- memiliki ukuran tubuh besar dan tidak memanjang
- Posisi ekor nya sejajar atau tidak ke atas dan kebawah
- jangan memilih ikan yang tidak semangat dan terlalu lembut
- memiliki warna yang terang
- jangan memilih ikan cupang yang pada bagian sirit dan ekor nya transparan.

Langkah-lanngkah budidaya ikan cupang :
- Carilah induk jantan dan betina yang agresif dan terlihat sehat
- setelah itu ikan cupang jantan dan betina di pisahkan selama 1 hari
- siapkan tempat pemijahan seperti aquarium atau wadah yang bersih
- gunakan air sungai yang jernih,sebelum di masukan ke wadah pemijahan air terlebih dahulu di     endapkan. jangan gunakan air kemasan atau PAM karena mengandung kaporit.
- setelah wadah selesai masukan tumbuhan air pada kedalaman kurang lebih 25cm
- lalu masukan ikan cupang jantan dan betina ke wadah yang kita sediakan tadi
- kurang lebih 2 atau 3 hari telur-telur ikan cupang sudah mulai terlihat lengket di tumbuhan air,kemudian ikan cupang betina harus di ambil dan di pisahkan
- setelah telur ikan cupang menetas jangan di beri pakan selama beberapa hari karena masih memakan kuning telur nya sendiri.

Demikianlah beberapa Cara beternak ikan yang bisa kami berikan dan kami Juga Memberikan Saran Untuk Master Agen Bola Terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar