Selasa, 25 Oktober 2016

Beberapa Panduan Sederhana untuk Ternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Master303 Ikan - Di Indonesia ikan gabus adalah satu jenis ikan karnivora atau pemakan daging (Kanibal) dan sering kita temuin di rawa, kolam, danau dan sungai. Ikan gabus selain enak rasa daging nya juga bagus bagi ibu-ibu yang sedang hamil maupun yang baru selesai operasi dan permintaan akan jenis ikan ini di pasaran juga semakin besar namun jumlah petani untuk beternak ikan ini sangatlah sedikit. 

Ikan gabus mempunyai ciri yang unik, yaitu merupakan jenis ikan yang pasif bisa berpindah dari 1 tempat ke tempat lain lalu diam. bahkan untuk menghindari ancaman ikan ini mampu mengubur diri nya kedalam lumpur dan ikan gabus mampu hidup tanpa air karena memiliki labirin sehingga ikan gabus bisa hidup dengan menghirup oksigen.

Untuk Melakukan Ternak Ikan Gabus Kita Harus Memahami Beberapa Hal Sebagai Berikut :

* Membuat Kolam Ternak

Jika kita hendak membuat kolam ikan gabus dengan mengunakan terpal. Bisa di gunakan dengan 2 cara, yang pertama dengan cara menggali tanah dengan kedalaman kurang lebih tinggi 2 m,panjang 7 m dan lebar 4 m. Atau yang kedua dengan membuat kerangka dari bambu di atas tanah dengan ukuran yang sama. Namun harus diingat, sebelum kita menggunakan terpal ada baiknya terpal yang baru terlebih dahulu kita rendam kedalam air selama 3 - 4 hari untuk mengurangi zat zat yang ada di dalam terpal. jika sudah, pasang terpal kedalam kolam atau kerangka bambu yang kita sediakan tadi lalu ikat pinggir terpal dengan mengunakan kawat dan juga paku agar kuat.

* Menebar Bibit

Sebelum kita menebar bibit ikan gabus, masukkan tanah kedalam yang berasal dari kotoran hewan setinggi 20cm lalu masukkan air yang sudah di beri tanah tadi biodicon DF setinggi 40 sampai 90cm. diamkan air selama 1 minggu dan air jangan di alirkan agar nanti timbul jentik-jentik nyamuk untuk pakan ikan alami, Setelah itu masukkan Bibit ikan gabus kedalam kolam dan jangan berikan pakan selama 3 hari. 

* Pemberian Pakan (Pelet)

Untuk 10.000 bibit ikan gabus kita bisa memberikan pakan sebanyak 2 kg setiap hari nya. Didalam pembuatan pelet ikan gabus, komposisinya adalah karbohidrat 10%, lemak 15%, protein 15%, dan 60% sisa daging ampas dapur. Cara membuatnya juga cukup gampang yaitu giling semua bahan- bahan di atas menjadi satu kemudian jemur hingga kering dan haluskan pakan sebelum di beri ke bibit ikan gabus. jangan sampai kita telat memberi pakan pada ikan gabus karena ikan gabus ada sejenis ikan kanibal.

Ikan gabus bisa dipanen secara berangsur sesuai kebutuhan pasar dan tidak seperti ikan nila atau patin yang harus dipanen secara bersamaan karena jika ikan jenis tidak di panen secara bersamaan, maka ikan bisa stres dan mati, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya di sortir 1 bulan sekali.

Demikianlah beberapa Cara beternak ikan yang bisa kami berikan dan kami Juga Memberikan Saran Untuk Master Agen Bola Terpercaya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar