Senin, 24 Oktober 2016

Cara Mudah Beternak Ikan Mas Koi

Master303 Ternak Ikan - Jika kita hendak Beternak Ikan Mas Koi terlebih dahulu kita harus memperhatikan teknik penangkaran yang mencakup kolam penangkaran, Induk unggul mas koi, tersedia pakan, Bibit dan perawatan.

Kolam Penangkaran Ikan Mas Koi

Kolam Penangkaran dibuat terpisah dengan kolam taman. Kolam penangkaran harus mempunyai pintu keluar masuk nya air. Seluruh Kolam harus diplester. Luas kolam penangkaran ada berbagai tipe. untuk kolam sempit boleh seluas 3-6 m2 dengan kedalaman 0,6 m. Lokasi kolam harus mendapat sinar matahari, jangan terlalu berisik, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.


Kita juga harus menyediakan kolam penetasan telur dan perawatan bibit. Kolam penetasan, bentuknya bisa persegi panjang atau bulat . tambah satu kolam lagi jika ada, yaitu kolam untuk menumbuhkan pakan alami yang akan kita gunakan untuk makanan bibit jika kuning telur nya sudah habis. Kedalam kolam untuk bibit sekitar 25 cm. Luas kolam antara 5-10 m2.

Cara Memilih Induk Ikan Koi

Pilihlah Induk Koi yang sudah benar-benar dewasa dan matang kelamin. Matang kelamin ialah induk jantan sudah menghasilkan sperma yang bagus dan induk betina sudah menghasilkan telur yang matang. Fisik prima, Tidak cacat, sirip dan sisik ikan lengkap. gerakan anggun, seimbang dan tidak lemas. umur jantan sekitar 2 tahun dan betina 3 tahun. Betina lebih besar dibanding jantan, perut nya terlihat besar di banding punggung dan jantan sebaliknya lebih langsing dan perut rata jika dilihat dari punggung ( sirip induk ikan jantan akan keliatan bintik putih jika sudah siap kawin).

Satu ekor induk betina berpasangan dengan 2 atau 3 induk jantan,  untuk menjaga apabila jantan lagui tidak mood. jadi jika dengan menyediakan stok jantan lebih dari satu ekor kegagalan dalam perkawinan bisa di hindari. disarankan jangan mengunakan induk yang lebih bagus karena keturunanya akan jadi jelek. pilih Koi biasa aja tapi memiliki sifat-sifat unggul seperti warna pekat.

Persiapkan Kolam Koi

Terlebih dahulu kolam kita keringkan dibawah terik matahari, Pintu masuk dan keluar air di pasang saringan untuk mencegah telur hanyut dan masuknya kotoran. ikan koi akan bertelur dibawah tanaman atau bahan apa aja yang bisa melengketkan telur. Penempel telur kita bisa menggunakan sabut kelapa atau kakaban, untuk memijah ikan mas. Kakaban dibuat dari ijuk yang dijepit dengan bilah bambu dan dipaku atau diikat. Kakaban yang dibuat dari ijuk harus panjang dan rata atau sekitar 120 cm panjang dan lebar 45 cm.

Kakaban disusun di atas sepotong bambu yang masih utuh agar kakaban bisa mengapung dan di atas kakaban diberi bilah bambu dan diikat agar kumpulan kakaban tidak terpisah satu sama lainnya ketika pasangan induk muali memijah. sebelum di gunakan kakaban terlebih dahulu di cuci dan di bilas agar terbebas dari kotoran atau virus. Kakaban akan kita pasang setelah kolam diisi air. air selalu mengalir kedalam kolam pemijahan untuk merangsang pasangan ikan koi untuk memijah.

Melakukan Pemijahan Ikan Koi

Sekitar pukul 16.00 induk dimasukan ke dalam kolam perkahwinan dan akan mulai kawin saat tengah malam. induk betina akan berenang mengelilingi kolam dan akan diikuti induk jantan dibelakang. Induk jantan akan menempelkan badanya saat mengikuti induk betina. pada puncaknya, induk betina akan mengeluarkan telur dengan sekali meloncat ke udara. kelakuan betina ini akan segera diikuti jantan dengan mengeluarkan cairan sperma. telur-telur yang terkena sperma akan menempel pada kakaban atau bahan penempel telur lainnya namun ada sebagian telur yang jatuh ke dasar kolam. perkahwinan akan selesai pada pagi hari dan segera induk dipisah dari telurnya karena jika tidak di pisah maka telur akan habis di makan oleh induk nya.


Untuk Mencegah agar telur-telur tidak terserang oleh jamur, terlebih dahulu telur direndam dalam larutan Malachyt green dengan konsentrasi 1/300.000 selama 10 menit sebelum kita memasukkan nya kedalam penetasan, disaat kita hendak merendam telur ini, sebaikanya kakaban digoyang goyangkan pada air agar kotoran yang mungkin menutupi telur bisa terlepas.

Demikianlah beberapa Cara beternak ikan yang bisa kami berikan dan kami Juga Memberikan Saran Untuk Master Agen Bola Terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar