Selasa, 18 Oktober 2016

Cara Beternak Ikan Patin

Master303 Budidaya Ikan - Beternak Ikan di wilayah atau perairan indonesia bukan suatu hal yang sulit. karena di indonesia terdapat banyak faktor pendorong nya, Yakni begitu banyaknya jenis dan ragam ikan di indonesia yang dapat kita ternak. Cara beternak ikan patin kolam terpal adalah salah satu pilihan tepat, Karena pembuatan kolam ini cukup gampang, sedarhana, dan tidak membutuhkan banyak biaya. Namun bukan berarti kita sembarangan dalam melakukan pemeliharaan. Terdapat beberapa langkah - langkah yang harus kita lakukan, bahkan sebelum kolam diisi air harus kita perhatikan apakah kolam terpal tersebut sudah steril dan sudah layak di gunakan untuk memelihara ikan-ikan patin.


Ikan patin adalah salah satu jenis ikan yang banyak di gemari oleh seluruh kalangan masyarakat, selain rasanya yang lezat untuk dibuat berbagai olahan masakan juga terdapat banyak omega 3 dan DHA, yang bermanfaat bagi ibu - ibu yang hamil. Oleh karena itu bagi kita yang berminat beternak ikan patin jangan takut karena jenis ikan ini sangat laku di pasaran. Cara beternak Ikan patin di kolam terpal hanya membutuhkan lahan yang sesuai dengan yang kita inginkan dan luasnya lahan yang kita miliki. Berikut ini beberapa cara untuk memelihara ikan patin di kolam terpal :

1. Pilih Kolam Yang Tepat

Pembuatan Kolam terpal untuk ikan lele dan patin serta jenis ikan air tawar jenis lainnya juga hampir sama, kita hanya perlu menyediakan terpal serta alat-alat lain nya. Dalam pembuatan kolam Terpal kita harus memperhatikan lahan yang akan kita gunakan dalam beternak ikan patin. Ada 4 jenis kolam yang bisa dipilih, Yaitu kolam terpal keseluruhan, Kolam tembok yang di lapisi terpal, kolam tanah yang di lapisi terpal dan kolam terpal yang instan. dari keempat jenis kolam ini bisa di pilih sesuai dengan luas lokasi atau tempat yang akan di gunakan untuk beternak ikan patin. alat-alat yang di butuhkan saat hendak beternak ikan patin di kolam terpal yaitu blower, Pompa air, ember, paralon (selang), dan jaring yang akan di gunakan untuk memanen benih yang sudah jadi.

2. Teknik yang tepat dalam pembibitan

Untuk menghasilkan ikan patin yang besar dan sehat, Sebelum benih ditebarkan sebaiknya kolam terpal diisi air dengan ketingian 20Cm dan pada hari kelima baru di tambah lagi secara bertahap, dan kemudian benih bibit ikan ditebar dalam kolam( benih yang disarankan di sebar adalah sekitar 15 ribu dengan kolam ukuran 2 x 1 x 0.5 meter).

3. Pilih Pakan

Ikan patin harus di beri pakan atau pelet yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Pada bulan pertama kita memberikan cacing sutra atau kutu air yang sebelum nya sudah di sterilkan. Secara umum, Ikan patin juga gampang beradaptasi di lingkungan yang baru dengan ph yang umum. oleh karena itu untuk beternak ikan patin di kolam terpal ini tergolong gampang.


Demikianlah beberapa Cara beternak ikan yang bisa kami berikan dan kami Juga Memberikan Saran Untuk Master Agen Bola Terpercaya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar