Minggu, 02 Oktober 2016

Sepuluh Jenis Ikan Air Tawar Yang Paling Dicari Di Indonesia

Siapa sih yang enggak senang memandang ikan hias berwarna-warni untuk memanjakan mata? Memelihara ikan hias memang lah mempunyai kesenangan tersendiri. Selain unsur keindahannya, pun anggaran perawatan yang gampang dan rendah dibanding ikan laut.

Percaya atau enggak nyaris 80 % pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari Indonesia. Dan setidaknya 363 kategori ikan hias air tawar dari Indonesia sudah diekspor ke beraneka ragam belahan dunia.

Budidaya ikan ini teramat laten dan pula menjanjikan. Bahkan ada yang yakin jikalau membudidayakan dan memelihara sekian banyak kategori ikan tertentu mampu mendatangkan keuntungan.

Sedangkan untuk pemeliharaan atau perawatannya, ikan hias air tawar ini umumnya dimasukan ke dalam akuarium atau kolam. Tergantung keinginan pemeliharaan ikan hias tersebut oleh si pemiliknya.

Ikan hias yang dipelihara buat hobi atau untuk memperindah ruangan rumah rata rata di letak dalam akuarium.

Sebaliknya apabila ikan ini mau dipelihara atau dijadikan yang merupakan maksud untuk meraih keuntungan dari hasil budidaya ikan hias air tawar ini pada umumnya ditempatkan di kolam.

Ikan hias air tawar merupakan salah satu hewan yang paling banyak di pelihara oleh penggemar hewan. Ikan hias jadi amat sangat memikat oleh karena ikan ini rata-rata memiliki warna sisik yang amat sangat bagus.

Memelihara Ikan hias serta mempunyai manfaat menenangkan pikiran dari rasa jenuh bekerja seharian di kantor. Hal ini ada hubungannya dengan kesehatan. saat kita merasa bosan atau stres, Kita dapat mencoba menyaksikan Ikan Hias yang berwarna-warni dan berenang dengsn gemulainya di Aquarium.

Ikan - ikan peliharaan mu akan bersembunyi di bebatuan hias Aquarium, faktor ini sanggup mengalihkan perhatian kita dari rasa jenuh setelah bekerja seharian di kantor.

Gerakan alami ikan yang gemulai namun lincah dapat mengendurkan syaraf-syaraf dan dapat merasakan ketentraman, menghanyutkan hati dan pikiran ke dalam kebahagiaan dan mampu jadi obat stres yang ampuh.

Berikut Sepuluh Jenis Ikan Air tawar yang gemari di Indonesia :

1. Ikan Arwana Scleropages sp
 

Ikan yang satu ini amat terkenal di Indonesia. Bahkan Penghibur bang Tukul juga menggunakan nama arwana sebab kepopuleran ikan ini. Ikan ini diakui sanggup mendatangkan Hoki bagi yang memeliharanya.

Ikan ini mempunyai sedikit banyak nama panggilan mulai dari ikan naga, ikan payang, siluk, silok, kalikasa, kalasa sampai khayangan. Ikan arwana memiliki bentuk badan yang gede dengan sisiknya yang cantik. Golongan ikan burba ini mempunyai telur sebesar telur burung puyuh.

karena terkenalnya, ikan arwana mampu dipasarkan bersama harga luar biasa. Ikan arwana tipe Super Red Albino terjual pada harga 1 Milyar Rupih terhadap Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) tahun 2010. sungguh luar biasa kan!

Ikan Arwana termasuk juga hewan purba yang dapat hidup sampai waktu ini dan dikala ini ikan tersebut ialah ikan yang dilindungi. Ikan Arwana termasuk juga ikan predator atau dapat di bilang ikan buas dikarenakan memakan ikan-ikan mungil, serangga, kadal dan sebahagian amfibi.

Ikan ini tak terlihat seperti predator lain sebab lekuk-lekuk badannya amat indah apabila berenang di dalam aquarium.

Jenis spesies yang beraneka ragam menambah daya tarik untuk memelihara predator yang satu ini misalnya saja Ikan Arwana Hijau, Ikan Arwana emas, dan Ikan Arwana Irian dan menyebar di Asia Tenggara.

Ikan Arwana paling sering didapatkan di indonesia karena di Indonesia keadaan alam yang mendukung untukk habitat hidup ikan ini.

berikut Ciri-ciri Ikan Arwana :

Tubuhnya pipih dan punggungnya datar, nyaris lurus dari mulut sampai sirip punggung, wujud mulutnya mengarah keatas dan memiliki sepasang sungut terhadap bibir bawah. Ukuran mulutnya lebar dan rahangnya lumayan kokoh, jumlah giginya 15-17.

Panjang Arwana dewasa, antara 30-80 centimeter. Sisiknya berukuran lebar dan permukaanya mengkilap.

Bentuk sisiknya melingkar. Warnanya teramat beraneka ragam, antara lain perak, hitam, emas, dan merah.

Untuk lebih mudahnya, tidak sedikit yang memberikan nama Arwana berdasarkan warna sisiknya, contohnya Arwana hijau (Green Arowana), Arwana hitam (Black Arowana), Arwana perak (Silver Arowana), Arwana kuning (Golden Arowana), dan Arwana merah (Red Arowana). Arwana merah di bagi lagi jadi tiga kategori, merupakan merah biasa (Red Banjar), merah kuning (Arwana Golden Red) dan teramat merah nomor satu( Red).

Secara morfologis (ciri-ciri fisik), badan dan kepala arwana agak padat. Tubuhnya pipih dan punggungnya datar, nyaris lurus dari mulut sampai sirip punggung. Garis lateral atau gurat segi yang terletak di samping kiri dan kanan badan arwana panjangnya antara 20–24 cm.

Bentuk mulutnya mengarah keatas dan memiliki sepasang sungut terhadap mulut bawah. Ukuran mulutnya lebar dan rahangnya pass kukuh. Giginya berjumlah 15-17. Bagian insangnya di lengkapi dengan penutup insang.

Letak sirip punggungnya berdekatan dengan pangkal sirip ekor (caudal). Sirip anusnya lebih panjang daripada sirip punggung (dorsal), nyaris mencapai sirip perut (ventral). Panjang arwana dewasa teramat variatif, antara 30–80 cm.

Bentuk badannya yang gepeng dan bersisik gede meliuk-liuk indah waktu berenang di akuarium.Ditambah tumbuhnya dua sungut di ujung mulut bawah menciptakan ikan ini serupa liong atau naga.

oleh itu, tak mengherankan penduduk indonesia menyebutnya  kimliong atau ikan naga emas. Layaknya naga, arwana bisa dianggap yang merupakan simbol kesuksesan, keperkasaan, dan kejayaan.

2.Ikan Koi (Cyprinus carpio)


Dari namanya saja kita sudah  mengetahui berasal dari mana ikan koi ini. Ikan ini awal mulanya dipopulerkan di Jepang lebih kurang pada tahun 1820-an.

Para peneliti di Jepang sanggup menyilangkan keturunan ikan mas jadi ikan yang memiliki kombinasi warna merah, kuning dan putih yang dapat memukau mata. Hasil persimpangan inilah yang kita kenal dengan sebutan ikan koi.

Ikan koi memerlukan ruangan gerak yang luas, maka, ikan ini lebih tepat dipelihara di kolam daripada di akuarium.

Sebetulnya ikan koi yaitu ikan mas hasil persilangan dari bermacam macam warna ikan mas . Pada awalnya, ikan ini ialah ikan yang dimakan oleh penduduk Jepang pada waktu itu.

Tetapi, seiring perkembangan teknologi ikan ini dikembangbiakan jadi berbagai tipe warna dan pola yang teramat menarik.

Perbedaan antara tipe ikan koi berdasarkan pola warna ikan, sisik ikan dan yang lain. Hal tersebut membuat ikan koi nampak jauh lebih menawan dan unik di bandingkan tipe ikan koi yang sebelumnya.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yg menjadikan ikan koi ini sebagai ikan hias dan enggak lagi memakannya.

Banyak sekali jenis-jenis ikan koi dari yang paling mahal dan paling baik yang disusun dalam klasifikasi ikan koi juga sebagai identifikasi. Dalam masing-masing kelas terdapat sekian banyak sub tipe yg jenisnya pula pass banyak.

Klasifikasi ikan koi yang umum terdiri atas ikan koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono.

Ikan koi Kohaku yaitu tipe ikan koi yg memiliki corak warna merah dan putih. Pola merah dinamakan Hi. Hi mesti tebal bersama pinggir yang baik. Terdapat bermacam macam perbedaan pola warna ikan koi ini.

Ada yang putus, ada yang lebar dan menyapu. Ikan Koi Kohaku paling baik memiliki pola yang tak turun melintasi mata dan seimbang juga memiliki warna putih seperti salju dan warna merah gelap.

3.Ikan Cupang (Betta sp)




Ikan ini cuma ditemukan di negara-negara Asia Tenggara termasuk juga berkembang dengan baik di Indonesia. Ikan ini cukup gampang beradaptasi bersama lingkungannya. Meskipun takaran air sedikit dan serta sedikit oksigen, ikan cupang mampu bertahan hidup.

Lingkungan ori ikan cupang di rawa-rawa daerah tropis. Ikan ini memiliki wujud yang bervariasi dan beraneka ragam warna yang indah. Ikan ini pula agak agresif, maka tidak cuma dijadikan ikan hias, tapi ikan ini juga sering di jadikan ikan aduan (dilaga).

Ciri-ciri umum ikan cupang yang bisa di adu diantaranya seperti badannya ramping, apabila diliat secara seksama ada cekungan halus dari ujung badan sampai samping perut, sisik kecil-kecil tebal, wujud dahi seperti ikan kimliong.

Ring bibir tebal, jari-jari sirip ekor halus rapat (jari-jari sirip yang agung rawan terserang jamur, diwaktu sirip terkoyak atau luka), pembawaannya santai tetapi tetap waspada.

Kelompok ikan cupang jenis ini rata-rata raja tega di medan laga, menyerang musuh tanpa mengenal ampun, hingga berakhir dengan kematian lawannya.

Salah satu kategori ikan cupang yang menawan ialah ikan cupang serit.

Masyarakat khususnya para penggemar ikan cupang yang berasal dari Indonesia cukup bangga, lantaran ikan cupang serit ini dilahirkan oleh para hobies dari daerah kota Jakarta.

Ikan cupang serit jadi mendunia dikarenakan variasi keindahannya. Ikan hias air tawar ini dinamakan crown tail atau ekor mahkota dikarenakan bila dibalik menghadap ke atas serit-serit di ekornya bakal kelihatan seperti mahkota raja.

Jenis ikan cupang serit memiliki banyak varian. Ada yang seritnya tunggal, di mana dalam tiap-tiap serit cuma terdapat satu tulang sirip. serta ada yang berserit dua atau serit ganda.

4.Ikan Koki (Carrasius auratus)


Ikan mas koki diakui berasal dari negara China dan di kembangkan di Jepang. Ikan ini ialah ikan yang masihlah satu kaum bersama ikan mas.

Jenis ikan mas koki amat tidak sedikit dan wujudnya mempunyai keunikan masing-masing. Harga dari kategori ikan mas koki berbeda-beda. Mulai dari ribuan sampai  ratus ribu rupiah.

Mungkin ada sekian banyak kategori ikan mas koki yang belum sempat anda perhatikan. misalnya ikan mas koki buble eye. Dari namanya saja, telah bisa dijamin maka penampilan ikan yang satu ini amat menggemaskan.

Jenis ikan mas koki  bubble eye ini atau mata gelembung karena posisi matanya tertutup oleh gelembung. Ikan mas koki ini amat khas, dan apabila enggak merawatnya dengan baik, maka gelembung yang menutupi matanya bakal pecah.

Ikan koki atau ikan mas koki sungguh pupuler di Indonesia dengan beraneka jenis baru yang ada disaat ini. Ikan mas koki dapat bersirip panjang, benjo-benjol, pendek dan bundar.

Sementara di dekat matanya agak menonjol bersama sisik berwarna-warni seperti putih metalik, merah, kuning, merah kekuningn, hitam, hijau, atau gabungan dari warna-warna tersebut. Kandungan pigmen yang tidak sama memastikan warna warni tersebut.

5.Ikan Lou Han (Flowerhorn)


dalam bahasa Inggris Ikan ini dikenal dengan nama Flowerhorn . Ikan yang termasuk juga kaum Cichild ini mempunyai keunikan tentang sisiknya yang indah dan menyala. Juga nampak imut sebab ada benjolan di kepala mereka yang nampak unik.

Ikan hias (Ikan Lou Han) air tawar ini memang sempat jadi ikan hias primadona di Indonesia kepada awal tahun milenium (tahun 2001). Hampir tiap rumah dari seluruh kalangan yang memelihara ikan ini di akuarium. Para penternak ikan louhan pula meraih banyak keuntungan dari ikan hias ini kala itu.

Sebagian dari penternak ikan louhan bahkan hingga kehabisan stok sebab begitu banyaknya permintaan kepada tipe ikan hias yang satu ini.

Tetapi yang uniknya disaat itu, sebahagian banyak orang yang memelihara ikan ini belum tahu perihal tipe ikan louhan apa yang mereka pelihara.

Memang lumayan khas ikan louhan pada waktu itu. Meskipun waktu ini ikan louhan sudah tidak begitu populer. Mungkin lantaran tipe dan harga ikan louhan yang kian mahal.

Ikan ini enggak bisa ditemukan di alam bebas. Karena, ikan ini hasil persilangan dari bermacam type ikan Cichlid. Ikan ini pula bisa jadi pemangsa yang agresif jikalau dilepas ke perairan bebas.

6.Ikan Discus (Symphysodon discus)


Untuk pertama kalinya, ikan ini ditemukan di Sungai Amazon. Ikan ini jadi amat terkenal lantaran wujudnya yang unik. Tubuhnya yang ramping menyerupai piringan dvd bersama warna-warni khas yang menarik dan cerah.

Selain itu, ciri yang menarik kepada ikan discus ini ialah garis-garis badan yang melintang dari ujung ekor hingga kepala. Itu sebabnya para penggemar ikan hias pilih ikan discus buat dipelihara di akuarium.

Beberapa permasalahan yang paling tidak jarang berlangsung kepada ikan discus merupakan stress. Hal ini mengakibatkan ikan discus gampang terserang penyakit.

Selain itu, tiap-tiap akuarium memiliki daerah mikroorganisme yang berguna bagi ikan dan penyebab penyakit kepada ikan. tapi, aspek ini tak dapat berjalan apabila kita mengetahui kiat memelihara ikan discus ini.

Keadaan di dalam akuarium amat berpengaruh pada kesehatan ikan discus. Untuk itu, kita mesti sediakan sekian banyak perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Salah satu peralatan yang paling penting yaitu  heater.

Heater ini berguna untuk memberikan keadaan panas di dalam air akuarium. Saat suhu di dalam air dingin, kita dapat memanfaatkan sarana ini utk mengatur suhu yang dibutuhkan oleh ikan discus. rata rata, suhu normal untuk ikan discus kurang lebih 27-32 derajat celcius.

Gerakan ikan ini amat sangat lembut dan santai, maka tercipta warna-warna dari tubuhnya makin cantik.

7.Ikan Oskar (Astronotus ocellatus)


Sekilas, ikan ini mempunyai kesamaan dengan ikan nila. Itu dapat kita amati dari ukuran dan gerakanya yang sama persis.

Ikan oskar ialah ikan air tawar yang berasal dari sungai-sungai di Amerika Selatan. Jenis ikan ini beraneka ragam dengan segala kelebihannya.

Warna asli dari ikan ini yakni coklat, dan dikombinasikan dengan warna-warni sisiknya yang menjadikan ikan ini sungguh menawan. Kamu bakal amat sayang dengan peliharaan ini. Ikan type ini benar-benar bakal memberikan anda semakin sayang.

tipe Ikan ini yaitu pemangsa di mana makanannya ialah dari ikan-ikan mungil lainnya. Hidupnya pun berkelompok, dan khasnya mempunyai sifat yang setia dengan pasangannya.

meski ikan ini tergolong ikan predator, tetapi karakter ikan ini tampak lebih tenang di perairan.
Namun, ikan oskar mempunyai warna basic hitam dengan warna orange yang dominan. Terdapat serta ikan oskar yang berwarna putih kekuningan dengan garis titik-titik orange dan ada juga berwarna putih pucat atau albino.

Bagi anda yg mempunyai hobi tertentu, tentulah kamu dapat merasa bangga dengan memelihara ikan oskar dengan sesuatu yang kamu punya.

Sebagai salah satu hobi yg diminati oleh tidak sedikit kalangan, ikan Oscar mampu meningkatkan dan bisa memunculkan rasa bangga terhadap tiap-tiap individu yang memeliharanya. Rasa bangga ini bisa muncul waktu anda mempunyai jenis ikan Oscar yang sehat dan teramat menawan.

8.Ikan Guppy (Poecilia reticulata)



Ikan ini juga banyak peminatnya. Ikan guppy berasal dari Amerika Tengah, namun telah tersebar dan dapat ditemukan di perairan Indonesia.

Di dunia ini tidak sedikit sekali kategori ikan guppy yang menyebar di bermacam macam negeri. Dari sekian banyak, ada yang mempunyai warna dan sirip yang unik yang mencirikan kekhasannya masing-masing.

Ikan guppy ini mempunyai gaya yang amat sangat unik dan menggemaskan ketika menarik pasangannya. ikan ini benar-benar jadi salah satu primadonannya ikan hias. Wajar saja tidak sedikit peminat ikan hias yang mencari cari jenis ikan ini sebagai peliharaan favoritnya.

Ikan hias yang kecil dengan beraneka warna warni siapa yang enggak terpikat bersama kecantikannya. Selain kecantikannya, kelucuan ikan guppy pun tak kalah menggemaskannya.

Ikan hias guppy mempunyai badan kecil dan berwarna-warni. Sirip-siripnya melambai-lambai kesana kemari waktu dia bergerak.

Warnanya yang unik dan tubuhnya yang mungil membuat ikan ini makin digemari. Bukan cuma itu, sebab perawatan dan pembiakan ikan guppy tak terlampau susah, ikan ini makin disukai para penggemar ikan. Ikan guppy dapat membuahkan 30-100 ekor anakan dalam sekali pembiakan.

9.Ikan Neon Tetra (Paracheirodon innesi)



Ikan dgn warna biru jelas di sektor punggung juga putih perak di sektor abdomen menciptakan makin menarik.

Tidak cuma kenampakannya saja, ikan ini dapat mendatangkan pundi Rupiah. Neon mempunyai sekian banyak tipe diantarnya neon tetra, neon tetra albino, neon api, black neon, neon blue eyes,dan lain-lain.

Dari seluruh tipe yang ada, yang paling terkenal dan paling tinggi nilainya ialah neon tetra. Bahkan type yang satu ini sedang mengalami kenaikan popularitas. Para penternak ikan ini mengaku merasa kewalahan dikarenakan permintaan ekspor yang tinggi.

Perbulan jumlah tetra yang harus eskpor 2juta ekor, tapi cuma bisa mengirim 1 juta ekor. Neon tetra berasal dari Amerika Latin, tepatnya Sungai Amazon.

Secara sekilas, ikan ini mempunyai warna merah yg menonjol di sektor belakang, sedangkan badan atas dan bawah ekor depan berwarna biru semu kehijauna. Tetra termasuk juga ikan yang tahan dari  sedikit penyakit.

Ikan yang bersaldari Amerika Tengah ini makin nampak warna badan mereka kala sedang dalam grup. oleh sebab itu, ikan ini lebih tidak jarang dipelihara dalam jumlah tidak sedikit dikarenakan makin menarik dilihat.

Kecenderungan ikan ini yang bergerak dengan cara bergerombol berputar-putar dapatmenciptakan ikan nampak jelita. Ikan ini mempunyai panjang kira-kira 3 cm.

Untuk membedakan tipe kelamin, kepada ikan jantan bakal terlihat garis bermacam warna, sedangkan terhadap ikan betina bakal kelihatan ukuran perut sedikit lebih besar.

Pemeliharaan ikan neon tetra tak memerlukan akuarium lebar dikarenakan ikan ini mini. tetapi, akuarium minimal berukuran panjang 60 centimeter dan air 6-7,8 pun KH-nya 1-2.

Pemeliharaan ikan dalam wadah mampu ditambahi bersama tanaman hidup maka serupa dengan habita aslinya di amazon.

10.Ikan Manfish (Angelfish)


Sebutan ikan ini ialah angel fish. Ikan ini tergolong famili Chiclidae. Dinamakan angel fish sebab warnanya yang menawan dan wujudnya yang menarik.

ikan angel fish tidak seperti ikan cupang yang memakan telurnya, ikan manfish yakni ikan yang melindungi dan menciptakan perlindungan kepada keturunanya.

Dalam factor pakan, ikan manfish benar benar gampang, sebab ikan manfish bersifat omnivora.

Kita bisa memilih Ikan Manfish yang telah dewasa buat dijadikan induk setelah umurnya mencapai 7 bln bersama ukuran panjang kurang lebih 7,5 cm.

Untuk mencapai hasil yang optimal, induk harus dikelola dengan baik antara lain bersama pemberian makan yang baik seperti jentik nyamuk, cacing Tubifex, atau Chironomous.

Tidak Cuma itu karena induk ikan manfish sangat peka kepada serangan penyakit, maka perlu diberikan obat secara periodik, Obat yang sanggup di pergunakan antara lain Oxytetracycline serta garam.

Ikan Hias Manfish dikenal cukup peka kepada serangan penyakit oleh sebab itu digunakan pengelolaan dengan trick baik bersama menjaga kualitas air jumlah pakan yang mau anda berikan.

Dan dari sekian banyak kategori parasit yang biasa menyerang benih atau induk Manfish antara lain yakni Trichodina sp., Chillodonella sp. dan Epystilys sp. Sedangkan bakteri yang menginfeksi ialah Aeromonas hydrophilla.

Gerakan ikan ini pula teramat santai dan kalem, seperti melayang-layang di air. Bentuknya seperti anak panah dan mempunyai warna yang berbeda-beda. Adapun habitat asli ikan ini berada di perairan Amazon, Brazil, Columbia dan Peru di wilayah Amerika Selatan.


Untuk Info lebih Lanjut nya Silahkan Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar