Sabtu, 15 Oktober 2016

Cara Beternak Ikan Mas

Master303 beternak ikan - Di artikel sebelum nya kita sudah membahas tata cara beternak Ikan Nila, dan untuk kali ini kita akan membahas tata cara beternak ikan Mas dan semoga bermanfaat buat teman-teman yang mau mencoba beternak ikan. Sudah di ketahui untuk melakukan atau beternak ikan mas kita membutuhkan sebuah teknik atau beberapa hal yang harus di perhatikan. Untuk memelihara ikan mas kita membutuhkan kolam yang besar agar ikan dapat bergerak bebas dan mempunyai suplai makanan tambahan seperti mie-mie intan (yang sudah expired) dan sejenis nya. bibit ikan mas yang masih kecil banyak di sukai oleh anak-anak karena warna nya yang unik dan bermacam-macam. Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar dan sering di cari oleh banyak kalangan masyarakat. Selain rasanya yang gurih, dagingnya juga banyak  dan merupakan favorit bagi semua kalangan masyarakat. Biasanya para pembudidaya mengunakan metode kolam tanah yang berlumpur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal para pembudidaya biasanya selalu menyortir bibit ikan sebelum di masukan ke dalam kolam karena ada pertumbuhan ikan yang melambat (Bantet).


Pada umumnya ikan mas hidup di air yang tenang maupun berarus deras, di alam liar biasanya pertumbuhan ikan mas bisa mencapai berat 20kg. Berikut ini tata cara beternak ikan mas :

Cara Beternak Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Bentuk Kolam

Yang perlu kita ketahui ialah lebih bagus jika kita mengunakan metode kolam tanah yang berlumpur karena dengan mengunakan kolam tanah berlumpur agar ikan bisa mencari nutrisi yang di butuhkan. Kolam tanah lebih bagus di banding dengan kolam yang terbuat dari tembok atau terpal. Namun dengan mengunakan kolam tanah ada kekurangan nya, saat kita telah panen kolam tidak bisa langsung di gunakan kembali atau kita harus membiarkan nya kering hingga 1 minggu agar cacing-cacing bisa memasuki kolam yang sudah kering atau masih lembab. Beda dengan yang mengunakan jaring karena kita hanya butuh waktu 2 hari saja.

Kadar Air

Para pembudidaya harus mengetahui tentang kadar oksigen yang ada di dalam kolam agar pertumbuhan ikan mas berjalan dengan baik. Kadar air pada kolam harus dalam kisaran standar atau biasanya berada dalam kisaran 8-9 PH. Sama hal nya seperti manusia karena ikan juga butuh oksigen untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan yang cepat. Ikan lebih senang berada di air yang jernih daripada di air yang kotor.

Pemberian Pakan

Tidak ada beda nya dengan pemberian pakan ikan nila dengan ikan mas ( 2 x 1 HARI), sebaiknya pemberian pakan pada ikan mas di berikan pada pagi hari dan sore hari. jika ingin pertumbuhan ikan baik maka di berikan pakan tambahan di malam hari. Pakan tambahan kita bisa berikan mie intan yang sudah expired atau roti yang sudah beberapa hari.. dengan mengunakan kolam tanah dapat membantu ikan-ikan supaya cepat besar karena ikan dapat memakan plankton-plankton yang terdapat di air kolam.

Memilih Bibit Ikan Mas

Sebelum kita memulai beternak ikan mas ada baik nya kita memilih bibit unggul agar kelangsungan hidup ikan bagus, tanpa mengalami banyak kematian. Pilihlah bibit yang sehat tanpa ada luka dan cacat yang terdapat di bagian tubuh ikan. karena dengan memilih bibit ikan ini kita tidak akan mendapatkan hasil yang mengecewakan. dalam waktu memanen ikan mas biasanya di perlukan waktu sekitar 4-5 bulan tergantung ikan yang kita ternak sudah besar atau belum. sesuaikan bibit yang mau di ternak dengan besar kolam.

Perawatan

Cara merawat ikan mas yang benar, Secara umum mungkin ini sudah sering di lakukan oleh pembudidaya ikan mas dan merupakan salah satu tugas buat sang pembudidaya. Kolam ikan yang mengunakan kolam tanah lagi-lagi lebih unggul di bandung kolam semen maupun terpal, karena kolam yang mengunakan jaring atau terpal lebih gampang terkena penyakit karena terdapat banyak virus atau hama yang menempel pada jaring maupun terpal dan bisa membuat ikan mas tterserang penyakit atau virus dan mengalamin banyak kematian, Ruang gerak ikan mas juga tidak bebas dan ikan mas tidak dapat tumbuh dengan sempurna.

Proses Panen

Memanen ikan biasanya di lakukan setelah ikan berumur 2 - 3 bulan, Tergantung besar ikan yang di ternak atau sudah layak untuk di panen, proses pemanenan ikan biasanya dilakukan saat pagi hari agar ikan langsung bisa di pasarkan.

Demikianlah beberapa Cara beternak ikan yang bisa kami berikan dan kami Juga Memberikan Saran Untuk Master Agen Bola Terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar