Jumat, 21 Oktober 2016

TIPS : Cara Memilih Bibit DanBeternak Ikan Bawal Air Tawar

Ikan Bawal - Pada umum nya ikan bawal mirip dengan ikan gurami, Bahkan rasa daging ikan bawal tidak kalah jauh dengann ikan gurami. Untuk beternak ikan bawal banyak dilakukan oleh para petani ikan itu di karenakan bahan dan tempat untuk beternak sangat mudah dijangkau atau kita dapatkan tanpa harus membutuhkan bahan dan lokasi yng luas.

Permintaan Ikan bawal air tawar sangatlah tinggi, disebabkan ikan bawal air tawar tidak kalah dengan ikan bawal laut( air asin) yang memiliki gizi dan tekstur daging yang cukup tebal, maka tidak heran banyak petani ikan yang mau beternak ikan bawal jenis air tawar ini.

CARA BETERNk IKAN BAWAL AIR TAWAR 

* Persiapkan Kolam Untuk Beternak
Persiapan terlebih dahulu dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang banyak didalam kolam yang akan kita gunakan. Setelah dasar kolam sudah kering, dasar kolam perlu di pupuk kembali atau di kapur uintuk membunuh hama maupun patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan. Kolam pembesaran tidak sepenuhnya harus di pupuk  dikarenakan makanan ikan bawal sebagain besar di dapat dari makanan tambahan atau buatan. Namun apabila kita mau memupuknya maka kita harus mengunakan pupuk kandang sebanyak 25 - 50 kg dan pupuk kandang yang harus di gunakan benar-benar sudah matang, karena pupuk kandang yang belum matang bisa menyebabkan racun bagi ikan.

Setelah pemupukan selesai, kolam harus diisi dengan air sekitar 2 - 3 cm dan kiata biarkan selama 3-5 hari, kemudian air kolam ditambah sedikit demi sedikit sampai kedalaman 40-60cm dan terus di atur samapi ketinggian 80 -120 cm. jika warna air kolam sudah bewarna hijau terang, baru bibit ikan di tebar atau biasa nya 1 minggu setelah pemupukan.

* Pemilihan dan Penebaran Bibit
Dalam pemilihan bibit kita harus memilih bibit unggulan yang baik karena pertumbuhan akan baik dan lebih cepat. sama halnya dengan penebaran bibit ikan gurami, sebelum bibit di tebar perlu adaptasi dengan tujuan agar ikan tidak stress saat berada di kolam baru.

Cara Adapatasi : Ikan yang masih terbungkus rapat di dalam plastik dimasukan kedalam kolam,biarkan sampai dinding plastik berembun ini menandakan air kolam dan air yang di dalam plastik sudah menyatu atau suhu nya sudah sama , setelah itu plastik di buka dan masukkan sedikit demi sedikit air kolam ke dalam plastik tadi baru bibit ian bawel di tebar.

* Pemberian Pakan
Dalam pemberian pakan kita juga jangan memberikan kualitas pakan yang tidak bagus karena dapat menggangu masa pertumbuhan ikan jadi lambat. kualitas pakan yang baik adalah yang memiliki gizi yang seimbang baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Karena ikan bawal bersifat omnivora kita juga bisa memberikan daun-daunan atau sayuran maupun pelet. Kita hanya Memberikan 1 hari 2 kali Pakan ikan(pelet) yaitu di pagi hari dan sore hari, Namun kita juga bisa memberikan pakan tambahan di malam hari.


Demikianlah beberapa Cara beternak ikan yang bisa kami berikan dan kami Juga Memberikan Saran Untuk Master Agen Bola Terpercaya
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar